Membuat Aplikasi Perpustakaan Online Sederhana

Membuat Aplikasi Perpustakaan Online Sederhana

Hallo sahabat blooger kali ini saya akan sharing materi tentang bagaimana cara untuk membuat aplikasi perpustakaan sederhana, masih dengan menggunakan sistem CRUD namun saya tambah dengan menggunakan upload,download, dan readmore agar user dapat membaca buku secara online maupun ofline.

Alat & Bahan

  • PC/Laptop yang sudah terinstal LAMP Server
  • CSS
  • PhpMyadmin -> Mysql
  • Text editor (Sublime Text)



Maksud & Tujuan
maksud dan tujuan sharing materi ini adalah untuk mengimplementasikan materi sistem crud, upload, download  dan readmore yang telah dipelajari selama di BLC Telkom - Klaten.

Tahapan Pelaksanaan.
untuk membuat sistem perpustakaan kita harus mengerti bagaimana logika / alur program kita. disini saya membuat 2 halamn yaitu halaman back end dan front end dimana halaman front end adalah interface untuk user dan back end interface untuk admin perpustakaan. pada perpustakaan ini user dapat mendownload file yang telah di upload user dan dapat membaca buku secara online atau pun offline, berikut langkah - langkah membuatnya.


1. Terlebih dahulu kita harus membuat database untuk menampung data yang akan kita masukkan buat database dengan struktur seperti ini.


a. Tabel anggota


b. Tabel buku


c. Tabel pinjam


 d. Tabel artikel


e. Tabel kembali


Dan saya relasikan sehingga menjadi seperti ini
 
dan pada saat saya merelasikan tabel tersebut saya merasa kesulitan karena saat di relasi secara manual tidak bisa sehingga saya relasikan dengan sql ini scripnya:

fungsi relasi tabel pinjam :
alter table pinjam add constraint fk_id_anggota foreign key (id_anggota) references anggota (id_anggota);

fungsi relasi tabel buku :
alter table pinjam add constraint fk_kode_buku  foreign key (kode_buku) references buku (kode_buku);

alter table pinjam add constraint fk_kode_buku foreign key (kode_buku) references buku (kode_buku);


 fungsi relasi pinjam :
alter table kembali add constraint fk_id_pinjam foreign key (id_pinjam) references pinjam (id_pinjam);


2. Kita buat layout untuk halaman admin perpustakaan Umar Fatah.
untuk membuat layout halaman admin kita menggunakan css dan saya mencontoh css perpustakaan workshop php indonesia di jepara dan saya rubah sedikit berikut file nya





3. Membuat halaman index 

 Ini hasilnya :
4. Membuat koneksi , aksi untuk edit, delete, tambah, dan menampilkan data. saya membuat folder lagi dengan nama function agar tatanan file lebih rapi.

koneksi.php :
aksi_input.php :
 delete.php :
 update.php :
From edit data buku :
Sekian tutorial dari saya . Terima kasih.

Referensi :w3school

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar