portal

PORTAL
A. PENGERTIAN
Sebuah portal web yang paling sering satu situs web yang dirancang khusus yang membawa informasi bersama-sama dari berbagai sumber dengan cara yang seragam. Biasanya, setiap sumber informasi mendapat tempat khusus pada halaman untuk menampilkan informasi (portlet a); sering, pengguna dapat mengkonfigurasi mana yang akan ditampilkan.Varian dari portal termasuk mashup dan intranet "dashboard" bagi para eksekutif dan manajer. Sejauh mana konten ditampilkan dalam "cara yang seragam" mungkin tergantung pada pengguna yang dimaksudkan dan tujuan yang dimaksudkan, serta keragaman konten. Sangat sering merancang penekanan pada "metafora" tertentu untuk mengkonfigurasi dan menyesuaikan penyajian konten dan kerangka implementasi yang dipilih dan / atau kode perpustakaan. Selain itu, peran pengguna dalam suatu organisasi dapat menentukan konten dapat ditambahkan ke portal atau dihapus dari konfigurasi Portal.
Sebuah portal dapat menggunakan API mesin pencari untuk mengizinkan pengguna untuk mencari konten intranet sebagai lawan extranet konten dengan membatasi yang domain dapat dicari. Terlepas dari fitur mesin pencari ini umum, portal web dapat menawarkan layanan lainnya seperti e-mail, berita, harga saham, informasi dari database dan bahkan konten hiburan. Portal menyediakan cara bagi perusahaan dan organisasi untuk memberikan tampilan yang konsisten dengan kontrol akses dan prosedur untuk beberapa aplikasi dan database, yang jika tidak akan menjadi entitas web yang berbeda di berbagai URL. Fitur yang tersedia mungkin dibatasi oleh apakah akses oleh pengguna yang berwenang dan disahkan (karyawan, anggota) atau situs pengunjung anonim.Contoh awal portal web publik yang AOL, Excite, Netvibes, iGoogle, MSN, Naver, Lycos, Indiatimes, Rediff, dan Yahoo !. Lihat misalnya, "My Yahoo!" fitur Yahoo! yang mungkin telah mengilhami fitur seperti nanti Google "iGoogle" (dihentikan pada 1 November 2013.) The dikonfigurasi sisi-panel, misalnya, browser Opera modern dan pilihan "Speed ​​Dial" halaman oleh kebanyakan browser terus mencerminkan sebelumnya "portal" metafora.


B.KLASIFIKASI

portal web kadang-kadang diklasifikasikan sebagai horizontal atau vertikal. Sebuah portal horisontal digunakan sebagai platform untuk beberapa perusahaan di sektor ekonomi yang sama atau dengan jenis yang sama dari produsen atau distributor. [1] Sebuah portal vertikal (juga dikenal sebagai "Vortal") adalah titik masuk khusus untuk pasar tertentu atau industri niche, area subyek, atau bunga. [2] Beberapa portal vertikal yang dikenal sebagai "portal informasi vertikal" (VIP). VIP menyediakan berita, konten editorial, publikasi digital, dan kemampuan e-commerce. Berbeda dengan portal vertikal tradisional, VIP juga menyediakan aplikasi multimedia yang dinamis termasuk jejaring sosial, video posting, dan blogging
.


C.JENIS PORTAL WEB 

1. Portal Pribadi Sebuah portal pribadi adalah halaman web di situs web di World Wide Web atau halaman rumah HTML lokal termasuk JavaScript dan mungkin berjalan di web browser dimodifikasi. Sebuah portal pribadi biasanya menyediakan kemampuan pribadi kepada pengunjung atau pengguna lokal, menyediakan jalur untuk konten lainnya. Ini dapat dirancang untuk menggunakan aplikasi terdistribusi, nomor dan jenis middleware dan perangkat keras untuk menyediakan layanan dari sejumlah sumber yang berbeda dan dapat berjalan pada web server lokal non-standar.   
 Selain itu, portal bisnis dapat dirancang untuk berbagi dan kolaborasi di tempat kerja. Persyaratan-driven bisnis lebih lanjut dari portal adalah bahwa konten disajikan pada berbagai platform seperti komputer pribadi, personal digital assistant (PDA), dan ponsel / handphone / ponsel. Informasi, berita, dan update adalah contoh dari konten yang akan disampaikan melalui portal tersebut. portal pribadi dapat berhubungan dengan setiap topik tertentu seperti menyediakan informasi teman di jaringan sosial atau menyediakan tautan ke konten luar yang dapat membantu orang lain di luar jangkauan Anda layanan. Portal tidak terbatas hanya menyediakan link. Di luar bisnis intracet pengguna, sangat sering portal sederhana menjadi diganti dengan desain mashup lebih kaya. Dalam perusahaan, portal awal sering digantikan oleh jauh lebih kuat "dashboard" desain. Beberapa juga telah mengandalkan protokol baru seperti beberapa versi agregasi RSS dan mungkin atau mungkin tidak melibatkan beberapa derajat web panen. Contoh portal pribadi meliputi:

    
home.psafe.com - Sebuah portal pribadi yang didasarkan pada teknologi jaringan saraf adaptif memberikan konten disesuaikan sesuai dengan navigasi setiap pengguna, dan memberikan keamanan penuh terhadap virus, malware, phishing dan penipuan bank. Portal ini dikembangkan oleh Brasil PSafe perusahaan keamanan online.


2. Portal Web Pemerintah 

Pada akhir booming dot-com di tahun 1990-an, banyak pemerintah yang berkomitmen membuat situs portal bagi warga negara mereka. Ini termasuk portal utama untuk pemerintah serta portal dikembangkan untuk khalayak yang spesifik. Contoh web portal pemerintah meliputi:

  •     australia.gov.au untuk Australia.
  •     USA.gov untuk Amerika Serikat (dalam bahasa Inggris) & GobiernoUSA.gov (di Spanyol).
  •     www.pakistan.gov.pk untuk Pakistan.
  •     www.gov.lk untuk Sri Lanka.
  •     Disability.gov bagi warga penyandang cacat di Amerika Serikat.
  •     Europa (web portal) link ke semua instansi dan lembaga Uni Eropa di samping siaran pers dan konten audiovisual dari konferensi pers.
  •     gov.uk bagi warga & businesslink.gov.uk untuk bisnis di Inggris.
  •     Portal Kesehatan-Uni Eropa mengumpulkan semua topik kesehatan yang relevan dari seluruh Eropa.
  •     india.gov.in untuk India.
  •     Direktori Sumber Daya Nasional link ke sumber daya untuk Amerika Serikat Layanan Anggota, Veteran dan keluarga mereka.
  •     govt.nz untuk Selandia Baru.
  •     Saudi.gov.sa untuk Arab Saudi. [4]
  •     https://online.belastingdienst.cw untuk Otoritas Pajak Curaçao (bagian dari Kerajaan Belanda)
3.Portal Budaya

koleksi budaya Portal agregat digital budaya dari galeri, perpustakaan (lihat: Portal perpustakaan), arsip dan museum. Jenis portal menyediakan titik akses ke konten budaya web tak terlihat yang mungkin tidak diindeks oleh mesin pencari standar. koleksi Digitised dapat mencakup buku, karya seni, fotografi, jurnal, koran, musik, rekaman suara, film, peta, buku harian dan surat-surat, dan website diarsipkan serta metadata deskriptif yang terkait dengan setiap jenis pekerjaan budaya. portal ini biasanya berbasis di sekitar kelompok nasional atau regional tertentu lembaga. Contoh portal budaya meliputi:

  •     DigitalNZ - Sebuah portal budaya dipimpin oleh Perpustakaan Nasional Selandia Baru difokuskan pada Selandia Baru konten digital.
  •     Europeana - Sebuah portal budaya untuk Uni Eropa yang berbasis di Perpustakaan Nasional Belanda dan diawasi oleh Europeana Foundation.
  •     Trove - Sebuah portal budaya yang dipimpin oleh National Library of Australia fokus pada konten Australia.
  •     Dalam perkembangannya - Perpustakaan Digital Umum America  portal web perusahaanArtikel utama: Intranet Portal
intranet perusahaan menjadi umum selama tahun 1990-an. Seperti intranet tumbuh dalam ukuran dan kompleksitas, webmaster dihadapkan dengan meningkatnya konten dan manajemen pengguna tantangan. Pandangan konsolidasi informasi perusahaan itu dinilai tidak cukup; pengguna ingin personalisasi dan kustomisasi. Webmaster, jika terampil cukup, mampu menawarkan beberapa kemampuan, tetapi untuk sebagian besar berakhir mengemudi pengguna dari menggunakan intranet.Banyak perusahaan mulai menawarkan alat untuk membantu webmaster mengelola data mereka, aplikasi dan informasi lebih mudah, dan melalui pandangan pribadi. solusi Portal juga dapat mencakup manajemen alur kerja, kerjasama antara kelompok kerja, dan publikasi konten kebijakan-dikelola.
Kebanyakan dapat memungkinkan akses internal dan eksternal untuk informasi perusahaan tertentu menggunakan otentikasi aman atau single sign-on.JSR168 Standar muncul sekitar tahun 2001. Java Spesifikasi Permintaan (JSR) 168 standar memungkinkan interoperabilitas portlet di platform Portal yang berbeda. Standar ini memungkinkan pengembang portal, administrator dan konsumen untuk mengintegrasikan berbasis standar portal dan portlet di berbagai solusi vendor.Konsep agregasi konten tampaknya masih memperoleh momentum dan solusi portal kemungkinan akan terus berkembang secara signifikan selama beberapa tahun ke depan. The Gartner Group memprediksi generasi 8 portal untuk memperluas konsep Bisnis mashup dalam menyampaikan berbagai informasi, alat, aplikasi dan titik akses melalui mekanisme tunggal. [Rujukan?]Dengan peningkatan user generated content, silo data yang berbeda, dan format file, arsitek informasi dan taksonomi akan diperlukan untuk memungkinkan pengguna kemampuan untuk menandai (mengklasifikasikan) data. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan efek riak dimana pengguna juga akan menghasilkan menu ad hoc dan arus informasi.Portal Perusahaan juga menawarkan pelanggan & karyawan peluang swalayan.
portal sahamJuga dikenal sebagai portal saham-saham, portal pasar saham atau portal bursa adalah aplikasi berbasis web yang memfasilitasi proses menginformasikan saham-pemegang dengan data online yang cukup besar seperti harga terbaru, bertanya / tawaran, terbaru Berita, laporan dan pengumuman. Beberapa portal saham menggunakan gateway online melalui sistem kustodian sentral (CDS) untuk pengunjung (ram) untuk membeli atau menjual saham mereka atau mengelola portofolio mereka.Cari portalCari portal hasil agregat dari beberapa search engine menjadi satu halaman. Anda dapat menemukan portal pencarian khusus dalam produk, untuk portal pencarian contoh properti. portal pencarian perpustakaan juga dikenal sebagai interface penemuan.portal pencarian propertipencari properti portal data agregat tentang properti yang akan dijual oleh agen real estate. Contoh di Inggris termasuk Zoopla, Rightmove, Nestoria dan Nuroa. Contoh di AS termasuk Propertini.portal TenderSebuah portal lelang adalah pintu gerbang bagi pemasok pemerintah untuk menawar pada penyediaan barang dan jasa. portal lelang memungkinkan pengguna untuk mencari, memodifikasi, mengirimkan, review dan arsip data dalam rangka untuk memberikan proses tender online lengkap.Menggunakan tender online, penawar dapat melakukan salah satu dari berikut:
  •     Menerima pemberitahuan dari tender.
  •     Menerima dokumen tender online.
  •     Mengisi formulir online.
  •     Mengajukan proposal dan dokumen.
  •     Mengajukan tawaran secara online.
4.Portal Web Host

Hosted portal web mendapatkan popularitas dan sejumlah perusahaan mulai menawarkan mereka sebagai layanan host. Pasar portal host fundamental mengubah komposisi portal. Dalam banyak hal mereka melayani hanya sebagai alat untuk mempublikasikan informasi bukan tujuan mulia mengintegrasikan aplikasi warisan atau penyajian data berkorelasi dari database terdistribusi. Perusahaan Portal host awal seperti Hyperoffice.com atau sekarang mati InternetPortal.com difokuskan pada kerjasama dan penjadwalan di samping distribusi data perusahaan. Sebagai host portal web telah meningkat dalam popularitas set fitur mereka telah berkembang untuk memasukkan database host, manajemen dokumen, email, forum diskusi dan banyak lagi. portal host otomatis personalisasi konten yang dihasilkan dari modul mereka untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi untuk pengguna mereka.

 Dalam hal ini mereka tetap setia pada tujuan asli dari portal web perusahaan sebelumnya. Muncul kelas baru dari portal internet yang disebut Cloud Portal yang menampilkan kekuatan API (Application Programming Interface) sistem perangkat lunak yang kaya memanfaatkan SOA (arsitektur berorientasi layanan, layanan web, dan pertukaran data kustom) untuk mengakomodasi mesin untuk interaksi mesin membuat pengguna lebih cair pengalaman untuk menghubungkan pengguna yang mencakup beberapa domain selama "sesi" diberikan. Terkemuka portal awan seperti Nubifer Cloud Portal menampilkan apa yang mungkin menggunakan Enterprise Mashup dan integrasi layanan Web pendekatan untuk membangun portal cloud.portal domain-spesifikSejumlah portal telah terjadi yang spesifik untuk domain tertentu, menawarkan akses ke perusahaan dan layanan terkait; contoh utama dari tren ini akan menjadi pertumbuhan portal properti yang memberikan akses ke layanan seperti agen real, perusahaan penghapusan, dan pengacara yang menawarkan pemindahan. Sepanjang baris yang sama, industri-spesifik berita dan informasi portal telah muncul, seperti uji klinis spesifik Portal.aspek rekayasaIkhtisarKonsep utama adalah untuk menyajikan pengguna dengan satu halaman web yang menyatukan atau mengumpulkan konten dari sejumlah sistem lain atau server.Aplikasi server atau arsitektur melakukan sebagian besar fungsi penting dari aplikasi. server aplikasi ini pada gilirannya terhubung ke server database, dan dapat menjadi bagian dari lingkungan server berkerumun. konfigurasi Portal berkapasitas tinggi dapat mencakup strategi load balancing.Untuk portal yang menyajikan fungsionalitas aplikasi ke pengguna, server portal pada kenyataannya bagian depan sebuah konfigurasi server yang mencakup beberapa konektivitas ke server aplikasi.
Untuk browser web awal memungkinkan HTML frameset dan iframe elemen, informasi yang beragam bisa disajikan tanpa melanggar browser yang sama-sumber kebijakan keamanan (diandalkan untuk mencegah berbagai pelanggaran lintas situs keamanan.) Baru-baru ini teknologi client-side Lebih mengandalkan kerangka JavaScript dan perpustakaan yang mengandalkan lebih banyak fungsi web terbaru seperti WebSockets dan callback async menggunakan XMLHttpRequests.Server hosting portal hanya menjadi "melewati" bagi pengguna. Dengan menggunakan portlets, fungsionalitas aplikasi dapat disajikan dalam jumlah halaman Portal. Untuk sebagian besar, arsitektur ini adalah transparan kepada pengguna.Dalam desain seperti itu, keamanan dan kapasitas pengguna bersamaan dapat menjadi isu penting, dan desainer keamanan perlu memastikan bahwa hanya otentikasi dan otorisasi pengguna dapat menghasilkan permintaan ke server aplikasi. Jika desain keamanan dan administrasi tidak menjamin otentikasi dan otorisasi yang memadai, maka portal mungkin secara tidak sengaja kerentanan hadir untuk berbagai jenis serangan.standar
  •     Layanan web untuk Portlets jauh v1
  •     JSR 168 (Java)
  •     JSR 286 (Java portlet v2.0 Definisi Standar)  
D.References                                       
  1. "What is horizontal portal? definition and meaning". BusinessDictionary.com. Retrieved 8 August 2009.
  2. "Home". Saudi.gov.sa. Retrieved 1 January 2014.  
  3. "What is vertical portal? definition and meaning". BusinessDictionary.com. Retrieved 8 August 2011.
  4. "PSafe launches new Internet portal based on adaptive neural network technology". Retrieved December 10, 2014.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »